SISTEM PENDINGIN
sistem pendingin adalah sistem yang berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin pada suhu kerja supaya mesin tidak melampaui batas suhu maksimal atau OVER HEATING,rata-rata suhu kerja mesin adalah 80°C s.d 100 derajat Celcius.
ada 3 sistem pendingin yang biasa di gunakan pada mesin yaitu:
1.sistem pendingin udara
2.sistem pendingin air
3.sistem pendingin oli
Yang akan saya bahas kali ini adalah sistem pendingin air.
sistem pendingin air adalah sistem yang menggunakan air sebagai media perpindahan panas dari mesin ke luar,sederhananya adalah ketika mesin hidup panas mesin akan berpidah ke air pendingin dan air pendingin tadi akan menuju ke radiator untuk di dinginkan dan selanjutnya air akan masuk kembali ke dalam mesin dan memindahkan panas mesin dan akan seperti itu seterusnya.
KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENDINGIN AIR.
a.Radiator
radiator adalah alat yang berfungsi mendiginkan air pendingin yang sudah panas oleh mesin,radiator dapat mendinginkan air pendingin dengan cara membuang panas air pendingin ke udara luar melalui sirip-sirip radiator,radiator juga berfungsi sebagai penampungan air pendingin.
b.Pompa air
pompa air adalah alat yang berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin agar dapat bersirkulasi dari mesin menuju radiator,pompa air digerakan oleh mesin melalui tali kipas.
c.kipas pendingin
kipas pendingin berfungsi untuk mengarahkan udara untuk melewati radiator agar udara yang lewat dapat membuang panas yang ada di radiator.
d.tutup radiator
Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan tekanan air didalam sistem pendinginan. Pada temperatur kerja, air sistem pendinginan bertekanan 80-120 kPa (0.8-1.2bar). Dengan tekanan air melebihi tekanan atmosfir, lebih 80- 120kPa (0.8-1.2bar), maka titik didih air pendingin dapat naik mencapai 120 derajat Celcius, maka sistem pendinginan menjadi lebih aman, karena air tidak cepat mendidih.
e.tangki reservoir
tangki reservoir adalah tangki yang berfungsi sebagai wadah supaya jika air yang ada di radiator meluap tidak tumpah dan terbuang,tangki reservoir juga berfungsi sebagai tangki cadangan apabila air di radiator berkurang maka air yang ada di reservoir akan masuk ke dalam radiator.
f.katup thermostat
katup thermostat adalah katup yang berfungsi untuk mempercepat air pendingin mencapai suhu kerja,dengan cara saat air masih dingin katup thermostat tertutup sehingga air tidak masuk ke radiator untuk di dinginkan dan saat suhu air sudah mencapai suhu kerja katup terbuka sehingga air manuju radiator untuk di dinginkan.
g.selang pendingin
selang pendingin adalah selang yang berfungsi mengalirkan air pendingin dari mesin menuju radiator.
h.water jacket/mantel air
water jacket adalah saluran di dalam mesin yang berfungsi sebagai jalan mengalirnya air pendingin agar dapat memindahakan panas dari dalam mesin.
sekian dulu untuk pembahasan kali ini jika ada kekurangan mohon untuk di betulkan .....
sistem pendingin adalah sistem yang berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin pada suhu kerja supaya mesin tidak melampaui batas suhu maksimal atau OVER HEATING,rata-rata suhu kerja mesin adalah 80°C s.d 100 derajat Celcius.
ada 3 sistem pendingin yang biasa di gunakan pada mesin yaitu:
1.sistem pendingin udara
2.sistem pendingin air
3.sistem pendingin oli
Yang akan saya bahas kali ini adalah sistem pendingin air.
sistem pendingin air adalah sistem yang menggunakan air sebagai media perpindahan panas dari mesin ke luar,sederhananya adalah ketika mesin hidup panas mesin akan berpidah ke air pendingin dan air pendingin tadi akan menuju ke radiator untuk di dinginkan dan selanjutnya air akan masuk kembali ke dalam mesin dan memindahkan panas mesin dan akan seperti itu seterusnya.
KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENDINGIN AIR.
a.Radiator
radiator adalah alat yang berfungsi mendiginkan air pendingin yang sudah panas oleh mesin,radiator dapat mendinginkan air pendingin dengan cara membuang panas air pendingin ke udara luar melalui sirip-sirip radiator,radiator juga berfungsi sebagai penampungan air pendingin.
b.Pompa air
pompa air adalah alat yang berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin agar dapat bersirkulasi dari mesin menuju radiator,pompa air digerakan oleh mesin melalui tali kipas.
c.kipas pendingin
kipas pendingin berfungsi untuk mengarahkan udara untuk melewati radiator agar udara yang lewat dapat membuang panas yang ada di radiator.
d.tutup radiator
Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan tekanan air didalam sistem pendinginan. Pada temperatur kerja, air sistem pendinginan bertekanan 80-120 kPa (0.8-1.2bar). Dengan tekanan air melebihi tekanan atmosfir, lebih 80- 120kPa (0.8-1.2bar), maka titik didih air pendingin dapat naik mencapai 120 derajat Celcius, maka sistem pendinginan menjadi lebih aman, karena air tidak cepat mendidih.
e.tangki reservoir
tangki reservoir adalah tangki yang berfungsi sebagai wadah supaya jika air yang ada di radiator meluap tidak tumpah dan terbuang,tangki reservoir juga berfungsi sebagai tangki cadangan apabila air di radiator berkurang maka air yang ada di reservoir akan masuk ke dalam radiator.
f.katup thermostat
katup thermostat adalah katup yang berfungsi untuk mempercepat air pendingin mencapai suhu kerja,dengan cara saat air masih dingin katup thermostat tertutup sehingga air tidak masuk ke radiator untuk di dinginkan dan saat suhu air sudah mencapai suhu kerja katup terbuka sehingga air manuju radiator untuk di dinginkan.
g.selang pendingin
selang pendingin adalah selang yang berfungsi mengalirkan air pendingin dari mesin menuju radiator.
h.water jacket/mantel air
water jacket adalah saluran di dalam mesin yang berfungsi sebagai jalan mengalirnya air pendingin agar dapat memindahakan panas dari dalam mesin.
sekian dulu untuk pembahasan kali ini jika ada kekurangan mohon untuk di betulkan .....
No comments:
Post a Comment