Kali ini saya akan membahas tentang sistem pemindah tenaga pada kendaraan. pada intinya agar sebuah kendaraan dapat bergerak atau berjalan maka tenaga yang di hasilkan dari mesin harus di pindahakan ke roda agar roda bisa bergerak dan menjalankan kendaraan.
KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGGERAK:
1. Kopling : kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran tenaga dari motor ke transmisi
2. Transmisi : Mengatur perbandingan putaran motor (putaran input) terhadap putaranporos
propeller (putaran out put) sehingga menghasilkan momen puntir pada poros propeller yang diinginkan.
selengkapnya tentang transmisi bisa di baca DI SINI
3. Poros Penggerak(Poros propeller ): Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke final drive (gardan) dengan sudut yang bervariasi
4. Final Drive (gardan) Þ Penggerak sudut, untuk merubah arah putaran poros propeller kearah poros aksel ( merubah putaran 90 derajat) dan sekaligus menaikkan momen.
Differensial, untukmenyeimbangkan putaran antara roda roda kiri dan roda kana pada saat belok
5. Poros Roda : Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda dan sekaligus memikul beban kendaran
di bawah ini adalah macam macam sistem penggerak roda:
1.FR(front engine rear wheel drive)
FR adalah sistem penggerak yang posisi mesinya berada di depan dan roda penggeraknya adalah roda belakang.sistem ini adalah sistem yang paling banyak di gunakan pada kendaraan saat ini.
Keuntungan
· Kenyamanan pada jalan aspal baik ( karena beban ada di depan ), traksi pada roda yang dikemudikan
Kerugian
· Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang ( traksi pada roda penggerak jelek )
2.RR(rear engine rear wheel drive)
RR adalah sistem penggerak yang posisi mesinya berada di belakang dan roda penggeraknya adalah roda belakang,konstruksi banyak di gunakan pada mobil VW (lama),dan bis.
Keuntungan
· Pada jalan lumpur traksi baik (traksi pada roda penggerak baik)
Kerugian
· Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan (traksi pada roda yang dikemudikan kurang)
3.FF(front engine front wheel drive)
FF adalah sistem penggerak yang posisi mesinya di depan dan roda penggeraknya adalah roda depan.konstruksi ini banyak di gunakan pada mobil sedan.
Keuntungan
· Menghemat tempat
· Penggerak sudut tidak di perlukan
· Poros propeler tidak diperlukan lagi
Kerugian
· Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
4.4wd/AWD(all wheel drive)
adalah sistem yang menggunakan semua rodanya menjadi roda penggerak,kendaraan yang menggunakan konstruksi seperti ini biasanya adalah kendaraan militer,kendaraan off road dll.
Keuntungan
· Traksi sangat baik
Kerugian
· Harga mahal dan berat
itu adalah beberapa contoh dari sistem penggerak roda,jika ada kesalahan mohon untuk di betulkan karena saya juga masih sama-sama belajar...
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGGERAK:
1. Kopling : kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran tenaga dari motor ke transmisi
2. Transmisi : Mengatur perbandingan putaran motor (putaran input) terhadap putaranporos
propeller (putaran out put) sehingga menghasilkan momen puntir pada poros propeller yang diinginkan.
selengkapnya tentang transmisi bisa di baca DI SINI
3. Poros Penggerak(Poros propeller ): Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke final drive (gardan) dengan sudut yang bervariasi
4. Final Drive (gardan) Þ Penggerak sudut, untuk merubah arah putaran poros propeller kearah poros aksel ( merubah putaran 90 derajat) dan sekaligus menaikkan momen.
Differensial, untukmenyeimbangkan putaran antara roda roda kiri dan roda kana pada saat belok
5. Poros Roda : Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda dan sekaligus memikul beban kendaran
di bawah ini adalah macam macam sistem penggerak roda:
1.FR(front engine rear wheel drive)
FR adalah sistem penggerak yang posisi mesinya berada di depan dan roda penggeraknya adalah roda belakang.sistem ini adalah sistem yang paling banyak di gunakan pada kendaraan saat ini.
Keuntungan
· Kenyamanan pada jalan aspal baik ( karena beban ada di depan ), traksi pada roda yang dikemudikan
Kerugian
· Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang ( traksi pada roda penggerak jelek )
2.RR(rear engine rear wheel drive)
RR adalah sistem penggerak yang posisi mesinya berada di belakang dan roda penggeraknya adalah roda belakang,konstruksi banyak di gunakan pada mobil VW (lama),dan bis.
Keuntungan
· Pada jalan lumpur traksi baik (traksi pada roda penggerak baik)
Kerugian
· Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan (traksi pada roda yang dikemudikan kurang)
3.FF(front engine front wheel drive)
FF adalah sistem penggerak yang posisi mesinya di depan dan roda penggeraknya adalah roda depan.konstruksi ini banyak di gunakan pada mobil sedan.
Keuntungan
· Menghemat tempat
· Penggerak sudut tidak di perlukan
· Poros propeler tidak diperlukan lagi
Kerugian
· Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
4.4wd/AWD(all wheel drive)
adalah sistem yang menggunakan semua rodanya menjadi roda penggerak,kendaraan yang menggunakan konstruksi seperti ini biasanya adalah kendaraan militer,kendaraan off road dll.
Keuntungan
· Traksi sangat baik
Kerugian
· Harga mahal dan berat
itu adalah beberapa contoh dari sistem penggerak roda,jika ada kesalahan mohon untuk di betulkan karena saya juga masih sama-sama belajar...
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
No comments:
Post a Comment