selamat siang sobat
semua....
sebelumnya saya ucapkan selamat tahun baru 2016 kepada para pembaca setia blog tercinta ini semoga apa yang menjadi harapan teman teman semua dapat tercapai di tahun ini.....
pada kali ini saya akan
membahas macam macam sistem
transmisi. seperti yang kita tau
bahwa mesin kendaraan bermotor pasti
akan menghasilkan torsi dan kecepatan
yang hampir sama setiap waktu sedangkan
kebutuhan tenaga dan kecepatan pasti berbeda setiap waktu bergantung dari
kondisi jalan jadi untuk memenuhi kebutuhan itu pada kendaraan di pasang alat
yang bernama transmisi.
A. Fungsi Transmisi Pada Kendaraan
Jika putaran mesin dihubungkan secara langsung dengan
roda _ roda penggerak, mesin tidak bisa mengembangkan momen putar saat start.
Karena untuk start dibutuhkan momen kerja yang besar.
Transmisi berfungsi memindahkan tenaga gerak mesin ke
roda dan mengatur besar kecepatan sudut putaran agar sesuai kebutuhan. Transmisi
mengatur variasi perbandingan antara kecepatan dan torsi.
Fungsi transmisi pada kendaraan adalah :
1. Mengatur kecepatan sesuai dengan beban dan kondisi
jalan.
2. Merubah arah putaran roda. Sehingga kendaraan dapat
maju dan mundur.
3. Memutuskan dan menghubungkan putaran, sehingga
kendaraan dapat berhenti sementara mesin hidup.
Roda gigi dalam sistem transmisi memungkinkan gaya putar
(torsi) yang dihasilkan menjadi bervariasi.
Hal ini penting sebab sebuah kendaraan dioperasikan pada
kondisi yang bervariasi sehingga torsi yang
harus dipindahkan ke roda penggerak dapat diubah-ubah
sesuai dengan kondisi pengendaraan/beban
kerja.
Transmisi memungkinkan suatu kombinasi yang tepat antara
torsi dan kecepatan putar roda
penggerak yang diharapkan. Dengan memasang roda gigi
(gear) secara tepat pada transmisi, pengendara
sebuah kendaraan memungkinkan untuk :
1. Bergerak secara halus/lembut dari suatu kondisi
diam/stasioner.
2. Melewati tanjakan.
3. Melaju dengan kecepatan tinggi.
4. Menjaga kecepatan yang konstan pada saat melewati
turunan.
5. Berjalan mundur.
6. Menarik beban yang besar/berat.
7. Menghemat bahan bakar.
Beberapa macam desain roda gigi yang dipergunakan pada
transmisi adalah:
a). Roda Gigi Jenis Spur
Bentuk giginya lurus sejajar dengan poros,dipergunakan untuk roda gigi geser atau yang bisa digeser (Sliding mesh).
b). Roda Gigi Jenis Double Helical
Bentuk giginya dobel miring terhadap poros,dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchro-mesh).
c). Roda Gigi Jenis Helical
Bentuk giginya miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi tetap atau yang tidak bisa digeser (Constant mesh dan synchro-mesh).
d). Roda Gigi Jenis Epicyclic
Bentuk giginya lurus atau miring terhadap poros, dipergunakan untuk roda gigi yang tidak tetap kedudukan titik porosnya (Otomatis).
macam macam sistem trans misi pada kendaraan:
1.transmisi manual
transmisi manual adalah transmisi yang perpindahan
giginya di lakukan secara manual oleh pengemudi.transmisi ini adalah transmisi
yang paling banyak di gunakan saat ini karena perawatanya yang lebih mudah dan
irit bahan bakar. SELENGKAPNYA SILAHKAN DI BACA DI TRANSMISI MANUAL
2.transmisi otomatis
transmisi otomatis adalah transmisi yang perpindahan
giginya di lakukan secara otomatis sehingga pengemudi hanya melakukan
akselerasi dan mengerem.pada mobil dengan transmisi otomatis tidak ada pedal
kopling karena koplingnya menggunakan kopling hidrolik.
sekarang transmisi jenis ini juga sudah mulai di minati
karena kemudahanya namun konsumsi bahan bakar jadi boros. penjelasan selengkapnya akan saya bahas di postingan selanjutnya.
3.CVT
Hampir sama seperti sistem matic lainnya, menggunakan
belt yang variable sehingga
rationya bisa diubah2. Sebenarnya hanya punya satu gigi
atau sering disebut tidak
bergigi. Audi menyebutnya Multitronic, pabrikan lain juga
punya nama sendiri2 tapi
semuanya sama.
Ada juga yg menggunakannya untuk menipu customer seperti
Honda dengan sistem _7-
speed Steermatic_-nya. Berbeda dengan 7 AT milik Mercedes
yang benar2 memiliki 7
gigi asli, Steermatic Honda ini hanya mengubah2 ratio
belt saja. Bandingkan saja dengan
Tiptronic, respons tenaganya kalah jauh. Sebab sistem CVT
ini memiliki kurva tenaga
yang linear.
Keunggulan : Perpindahan gigi _tidak terasa_. Sebenarnya
bukannya _tidak terasa_, tapi
karena sebenarnya TIDAK ADA GIGI YANG BERPINDAH karena
hanya punya satu
gigi. Lebih irit daripada matic biasa karena tidak
menggunakan torque converter.
Kelemahan : Sangat tidak cocok untuk performance car.
Tenaga tidak responsif, kalah
responsif oleh matic biasa sekalipun. Pada matic biasa
begitu di-kickdown langsung turun
gigi, sedangkan pada CVT hanya mengubah ratio belt saja
4.Sequential Manual
Transmisi manual yang koplingnya diatur oleh computer,
bisa berpindah gigi hanya
dalam sepersekian detik. Tidak ada pedal kopling, dan
pasti ada PADDLE di belakang
setir untuk memindahkan gigi. Bedakan dengan _tombol
pemindah gigi_ pada tiptronic
atau CVT, PADDLE ini bukan berupa tombol di setir tapi
semacam tuas di belakang
setir.
Bisa pindah gigi sendiri seperti matic biasa,sebab ada
_auto_ mode tapi tidak sehalus
matic biasa karena ini tetap adalah transmisi manual.
Pada _auto mode_ dan posisi gigi
masuk, jika tidak direm mobil tidak akan bergerak maju
sendiri karena ini sistem manual
dan bukan matic, tidak ada torque converter. Digunakan
hanya optional pada mobil2
sport hi-performance.
Keunggulan : respons yang bahkan lebih cepat daripada
manual biasa, bahkan jika
dipindahkan oleh pembalap profesional sekalipun.
Kelemahan : pada _auto_ mode, perpindahan gigi tidak
begitu halus dan kadang terasa
menyentak, terutama pada kondisi stop-and-go yang tidak
cocok untuk mobil2 sport.
Contoh : Transmisi mobil2 F1, Transmisi SMG milik BMW,
Sequential F-1 milik
Ferrari, SMT (Toyota, pada MRS spider) dan E-Gear
(Lamborghini).
sekian dulu untuk
pembahasan tentang macam-macam sistem transmisi,untuk pembahasan lebih lanjut
tentang transmisi manual dan otomatis akan di bahas di postingan
berikutnya,jika artikel ini bermanfaat luangkan waktu beberapa detik untuk
berkomentar.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH....
No comments:
Post a Comment