Tuesday 22 December 2015

KOMPONEN MESIN

selamat siang para pembaca setia otoblog.....

setelah dulu saya pernah mambahas tentang pengertian motor 4 tak dan motor diesel  sekarang saya akan membahas tentang komponen-komponen mesin tersebut.

motor bakar adalah mesin yang dapat mengubah tekanan hasil pembakaran bahan bakar menjadi tenaga putar,nah mesin itu sendiri di buat tidak dalam keadaan utuh melainkan terdiri dari puluhan bahkan ratusan komponen yang di gabungkan menjadi satu,nah sekarang saya akan membahas beberapa komponen utama mesin.

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA MESIN:

1.blok silinder

blok silinder adalah komponen paling utama dari mesin,karena di blok silinder menjadi rangka utama sebuah mesin,di blok silinder juga lah prosses pembakaran terjadi. blok silinder biasa di buat dari besi tuang atau perpaduan alumunium dengan baja.blok silinder biasa di buat dengan cara di cor.




2.piston dan kelengkapanya

piston adalah alat yang berfungsi untuk mengubah gaya tekan hasil pembakaran menjadi garakan naik turun,piston juga yang mengatur proses di dalam mesin seperti menghisap campuran bahan bakar pada langkah hisap,menekan campuran bahan bakar pada langkah kompresi,dan menyalurkan tekanan hasil pembakaran menjadi gerakan turun pada langkah kerja,dan menekan gas sisa hasil pembakaran pada langkah buang.




kelengkapan piston:

a.ring piston

pada mesin 4 tak terdapat 3 ring piston sedangkan pada mesin 2 tak hanya terdapat 2 ring piston,ring piston berfungsi untuk merapatkan hubungan antara piston dengan dinding silinder agar kompresi tidak bocor




b.pen piston

pen piston berfungsi untuk menghubungkan piston dengan setang piston.



c.setang piston

setang piston berfungsi untuk menghubungkan tenaga dari piston melalui pen piston menuju poros engkol agar di rubah menjadi gerakan putar.



3.poros engkol

poros engkol adalah bagian mesin yang berfungsi untuk mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan putar.



4.fly wheel/roda gila

adalah bagian yang berfungsi menstabilkan dan menyimpan tenaga putar mesin,juga untuk menghubungkan putaran menuju kopling.



5. panci oli

panci oli berfungsi sebagai penutup bagian bawah sebuah mesin juga berfungsi sebagai wadah minyak pelumas.



6.silinder head

adalah bagian mesin yang berfungai sebagai tempat mekanisme katup bekerja juga sebagai tempat bertumpunya semua komponen mekanisme katup seperti poros nok,rocker arm,katup ,dll.silinder head biasa terbuat dari besi tuang atau campuran alumunium dan besi tuang.




7.intake dan exhaust manifold

intake manifold adalah saluran masuk campuran bahan bakar ke dalam mesin,sedangkan exhaust manifold adalah saluran pembuangan gas sisa pembakaran menuju knalpot.









itu adalah beberapa komponen mesin yang bisa saya jelaskan jika ada kurang saya minta maaf......


SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANYA... 

No comments:

Post a Comment