Wednesday 4 November 2015

Jenis Mekanisme Katup

selamat malam sobat semua,bertemu lagi dengan saya.

nah setelah saya sempat membahas tentang pengertian motor 4 tak  sekarang giliran saya membahas tentang mekanisme katup pada motor 4 tak.pada motor 4 tak terdapat tahapan tahapan sehingga tercipta sebuah langkah usaha,tahapan ini diatur oleh gerakan naik turun piston dan mekanisme katup,mekanisme katup di bagi menjadi 3 yaitu:

1. OHV(over head valve)

2. OHC/SOHC(over head camshaft/single over head camshaft)

3. DOHC(double over head camshaft)

Definisi:

1. OHV(over head valve)

adalah mekanisme katup yang posisi katupnya berada di atas blok silinder,pada sistem ini katup ditekan oleh rocker arm(pelatuk) yang dihubungkan dengan push rod(batang penekan). push rod ini digerakan oleh tonjolan pada noken as(camshaft) yang di gerakan oleh timing gear yang berhubungan langsung dengan poros engkol.

Keuntungan: desain ruang bakar lebih baik.

Kerugian:banyak komponen yang bergerak sehingga tidak cocok untuk kecepatan tinggi.






2. OHC/SOHC(over head camshaft/single over camshaft)

adalah mekanisme katup yang poros nok nya berada di atas,dan hanya menggunakan satu poros nok,tonjolan pada noken as akan menekan rocker arm dan menekan katup,noken as ini digerakan oleh timing chain(rantai keteng),atau timing belt.

Keuntungan: komponenya lebih sedikit dari OHV sehingga lebih baik dari OHV pada kecepatan tinggi.

Kerugian: mesin jadi tinggi karena poros nok berada di atas.





3. DOHC(double over head camshaft)

DOHC pada umunya adalah sama dengan SOHC,yang membedakan hanya pada DOHC menggunakan dua poros nok sekaligus atau masing masing menggerakan katup ex dan in.

Keuntungan:kelembaman kecil sehingga paling baik pada kecepatan tinggi dari model lainya.

Kerugian: mesin jadi lebih berat,harganya mahal.






itu adalah penjelasan tentang mekanisme katup,sekian untuk postingan kali ini,bila ada kesalahan mohon di benarkan komentar sangat saya harapkan.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

No comments:

Post a Comment