Tuesday 15 December 2015

KOMPONEN SISTEM PENDINGIN AIR

SISTEM PENDINGIN

sistem pendingin adalah sistem yang berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin pada suhu kerja supaya mesin tidak melampaui batas suhu maksimal atau OVER HEATING,rata-rata suhu kerja mesin adalah  80°C s.d 100 derajat Celcius.

ada 3 sistem pendingin yang biasa di gunakan pada mesin  yaitu:

1.sistem pendingin udara

2.sistem pendingin air

3.sistem pendingin oli

Yang akan saya bahas kali ini adalah sistem pendingin air.
sistem pendingin air adalah sistem yang menggunakan air sebagai media perpindahan panas dari mesin ke luar,sederhananya  adalah ketika mesin hidup panas mesin akan berpidah ke air pendingin dan air pendingin tadi akan menuju ke radiator untuk di dinginkan dan selanjutnya air akan masuk kembali ke dalam mesin dan memindahkan panas mesin dan akan seperti itu seterusnya.






KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENDINGIN AIR.

a.Radiator

radiator adalah alat yang berfungsi mendiginkan air pendingin yang sudah panas oleh mesin,radiator dapat mendinginkan air pendingin dengan cara membuang panas air pendingin ke udara luar melalui sirip-sirip radiator,radiator juga berfungsi sebagai penampungan air pendingin.




b.Pompa air

pompa air adalah alat yang berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin agar dapat bersirkulasi dari mesin menuju radiator,pompa air digerakan oleh mesin melalui tali kipas.


c.kipas pendingin

kipas pendingin berfungsi untuk mengarahkan udara untuk melewati radiator agar udara yang lewat dapat membuang panas yang ada di radiator.


d.tutup radiator

Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan tekanan air didalam sistem pendinginan. Pada temperatur kerja, air sistem pendinginan bertekanan 80-120 kPa (0.8-1.2bar). Dengan tekanan air melebihi tekanan atmosfir, lebih 80- 120kPa (0.8-1.2bar), maka titik didih air pendingin dapat naik mencapai 120 derajat Celcius, maka sistem pendinginan menjadi lebih aman, karena air tidak cepat mendidih.






e.tangki reservoir

tangki reservoir adalah tangki yang berfungsi sebagai wadah supaya jika air yang ada di radiator meluap tidak tumpah dan terbuang,tangki  reservoir juga berfungsi sebagai tangki cadangan apabila air di radiator berkurang maka air yang ada di reservoir akan masuk ke dalam radiator.



f.katup thermostat

katup thermostat adalah katup yang berfungsi untuk mempercepat air pendingin mencapai suhu kerja,dengan cara saat air masih dingin katup thermostat tertutup sehingga air tidak masuk ke radiator untuk di dinginkan dan saat suhu air sudah mencapai suhu kerja katup terbuka sehingga air manuju radiator untuk di dinginkan.






g.selang pendingin

selang pendingin adalah selang yang berfungsi mengalirkan air pendingin dari mesin menuju radiator.



h.water jacket/mantel air

water jacket adalah saluran di dalam mesin yang berfungsi sebagai jalan mengalirnya air pendingin agar dapat memindahakan panas dari dalam mesin.


sekian dulu untuk pembahasan kali ini jika ada kekurangan mohon untuk di betulkan .....

No comments:

Post a Comment