Saturday 7 November 2015

Sistem Rem Cakram

selamat siang teman teman semua.

setelah saya membahas tentang mesin dan katup sekarang saatnya saya membahas sistem rem pada kendaraan. rem adalah sistem yang sangat vital di dalam kendaraan,jika tidak ada rem maka kendaraan menjadi tidak aman untuk di kendarai. prinsip dasar rem adalah memanfaatkan gaya gesek. terdapat 3 sistem rem di kendaraan pada umunya yaitu:

1. REM TROMOL

2.REM CAKRAM

3.REM ABS

untuk kali ini saya ingin membahas sistem rem cakram.pada sistem rem cakram terdapat 3 komponen utama yaitu: cakram(disc),sepatu rem dan kanvas rem,dan kaliper.





a. Cakram/Rotor

Piringan/Cakram (disc rotor) biasanya terbuat dari besi tuang, adabeberapa bentuk dari disc rotor ini yaitu tipe solid (padat), dan tipeberlubang-lubang (ventilasi) serta tipe solid dengan tambahan tromol.Tipe ventilasi terdiri dari pasangan piringan yang berlubang yangberfungsi agar pendinginan pada rem cakram dapat maximal, untukmencegah fading dan menjamin umur pad lebih panjang dan tahan lama.





b. Sepatu rem dan Kanvas rem

Pad (disc pad) atau orang bengkel orang bengkel biasamenyebutnya kampas rem merupakan komponen pada rem cakram yangberfungsi bersama sama dengan piringan (cakram) dan saling bergesekanuntuk menghasilkan daya pengereman. Pada umunya pad ini dibuat daricampuran metalic fiber ditambah sedikit serbuk besi, untuk pad jenis inibiasa disebut dengan "Semi Metallic Disc Pad".Ada dua tipe pad, yaitu pad dengan celah dan pad tanpa celah.Celah pada bagian tengah pad ini berfungsi sebagai indikator ketebalanpad yang diijinkan, jadi ketika permukaan pada sudah rata atau tidakterdapat celah lagi maka pad perlu diganti karena sudah aus. Padasebagian pad, terdapat komponen metaliic plate atau anti squal shim yangdipasang dengan tujuan untuk mencegah terjadinya bunyi saatberlangsungnya pengereman.



c. Kaliper

caliper juga disebut dengan cylinder body, caliper ini merupakankomponen yang tidak bergerak dari rem cakram. Caliper inimemegang piston-piston dan dilengkapi dengan saluran dimana minyakrem disalurkan ke silinder. Ketika rem diinjak atau di operasikan makaminyak dari master silinder akan menekan piston pada caliper, dan pistontersebut akan terdorong dan menekan pad yang akhirnya akan bersentuhandengan cakram (piringan), terjadilah pengereman. Caliper menurut jenispemasangannya dapat dikelompokkan menjadi 2, yakni Tipe Fixed Caliper (Double Piston) dan Tipe Floating Caliper (Singgle Piston).

(1) Tipe caliper tetap ( Fixed caliper)
Sebuah tipe fixed calipermempunyai sepasang piston untuk mendorong rotor rem cakram padakedua sisinya.

(2) Tipe caliper mengambang (Floating caliper)
 Sebuah tipe floating caliper tertempel pada piston hanya pada satu sisi dari caliper. Pistonberperan sebagai pembuat tekanan hidrolik, dan apabila bantalan remcakram ditekan, caliper akan bergerak ke arah yang berbeda dari piston,dan mendorong rotor rem cakram dari kedua sisinya. Akibatnya, caliperakan menghentikan perputaran roda. Ada beberapa jenis floating caliper,tergantung dari metode menempelkan caliper ke piringan putar. Jenis yangpertama adalah full floating caliper. dan yang kedua adalah semi floating caliper



sekian untuk pembahasan kali ini bila ada kesalahan saya minta maaf.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH

No comments:

Post a Comment